Thursday, September 27, 2012

Aneh!, File Workbooknya Ada Tapi Kok Isinya Gak Ada?

 

“Aneh, file workbooknya ada tapi pas dibuka kok isinya gak ada? Udah saya Close Excelnya terus dibuka lagi masih tetep begitu, bahkan tetap tidak ada perbedaan walau saya sudah restart komputernya. Saya kira Ms. Office di komputer saya yang bermasalah, tapi cuma file ini aja yang gak ada isinya dan ketika saya copy file tersebut dan membukanya di komputer lain hasilnya tetap sama, isinya gak ada…“

Itulah sepenggal curhatan salah satu peserta training Ms. Office beberapa waktu lalu. Mungkin ada teman-teman Miso yang pernah mengalami hal yang serupa. Pasti cukup mengesalkan dan frustasi apalagi jika isi file tersebut sangat penting. Bagi yang belum pernah mengalaminya, posting Miso kali ini mudah-mudahan menambah pengetahuan teman-teman Miso dan tidak panik ketika mengalami hal serupa.

Pada kasus di atas, itu terjadi bukan karena Ms. Officenya yang error, komputer Anda di hack orang jahat atau bahkan isi workbook Anda dicuri hantu penghuni kantor.. Vampire bat he he he Smile with tongue out

Hal ini terjadi karena workbook yang bersangkutan tidak sengaja Anda atau mungkin teman sekantor Anda Hide alis disembunyikan. Walaupun Anda close, restart, mengkopi workbook tersebut berkali-kali tentu isi workbooknya tidak akan muncul. Bahkan jika Anda cek di Task Manager pun file tersebut tidak ada dalam list. Lalu bagaimana cara menampilkannya kembali? Caranya sangat mudah, ikuti langkah singkat berikut:

  1. Buka workbook yang terhidden tadi. Maka tampilan jendela Excel akan dalam keadaan kosong tampak seperti gambar berikut:

    image
  2. Pada tab View kategori Window klik tombol Unhide sehingga muncul kotak dialog Unhide.
  3. Pilih workbook mana yang akan Anda tampilkan kembali. Klik OK dan eng ing eeeeng workbook Anda muncul kembali Open-mouthed smile.

image

Setelah itu buru-buru di Save supaya isinya tidak sembunyi lagi Smile

Woke, mudah-mudahan sudah ga stress lagi ya dan bermanfaat untuk teman-teman Miso lainnya, sampai jumpa di posting selanjutnya Winking smile

53 comments:

  1. makasih,
    jadi dapet ilmu baru dan happy ending karena nya,
    like banget dah pokok nya

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah smoga Allah S.W.T mmberkahi abangnya.namiin

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya, dikira tadi filenya rusak

    ReplyDelete
  4. kolom unhide nya gak muncul di saya kenapa ya? mhn bantu

    ReplyDelete
  5. Thank you.. ini ilmu penting bngt..

    ReplyDelete
  6. Alhamdulilah, semoga amal baik nya dibalas Allah berlipat dr ini

    ReplyDelete
  7. kalo setiap buka file excel muncul nya kosong kayak gitu kenapa ya? padahal buka file sendiri

    ReplyDelete
  8. Bang..di file saya tombol Un Hide nya tidak aktif , mungkin ada solusi, terima kasih

    ReplyDelete
  9. Kalo tombol unhide nya kehide nga bisa diklik. Gmn ya gan.?

    ReplyDelete
  10. xie xie
    thanks sudah share sesuatu yg sangat berguna begini

    ReplyDelete
  11. Nuhun pisan .jd kmbali lg file nya

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah.... hampir streess.. filenya penting banget
    terimakasih

    ReplyDelete
  13. alhamdulillah dataku balik lagi :")
    jazakumullahu khoiron

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. sudah di unhide kan tpi kok masih bgitu saja tampilan file ?

    ReplyDelete
  16. btw ini post 2017 tapi mulai ada yang komen 2017 ?? weleh

    ReplyDelete
  17. bang ane mau tanya file nya ada 8kb hasil ngerjain semalam tapai pasdi buka gak ada,kenapa ya

    ReplyDelete
  18. Tapi punya saya gak bisa di buka dengan mengikuti cara ini... Malah blang unhidnya... Dengan cara lain jg sama apa ya maslhnya . Pliss tolong

    ReplyDelete
  19. unhide nya gak bisa di klik atau gak aktif, how????

    ReplyDelete
  20. kalau unhidenya nggk bisa diklik kenapa ya?

    ReplyDelete
  21. Sama nih bro unhide nya ga bisa di klik, solusinya apa ya bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ketemu solusinya belum ? tolong di bantu . aku juga unhide nya ga bisa di klik

      Delete
  22. makasih bro sangat membantu
    tadi abis di otak atik sama bos file excel saya jadi blank
    kayanya dia mw ngetes saya nih :v

    ReplyDelete
  23. Terimakasih gan artikelnya...sangat bermanfaat ...
    Sebenernya unhide di saya tidak aktif..sama kayak temen2 di atas..
    Tapi setelah dicoba-coba iseng2...alhamdulilah file saya bisa dibuka kembali dengan mengklik tab Review, Trus pilih icon Show Ink...
    Semoga bisa membantu teman2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh di bantu ? aku ga bisa di klik unhide , apalagi show ink

      Delete
    2. Terimakasih... sy cb view-arrange all-tiled ternyata berhasil.. sangat membantu sekali ��

      Delete
  24. thank you infonya...terima kasih

    ReplyDelete
  25. sangat sangat membantu ... thanks :)

    ReplyDelete
  26. love langsung sumringah setelah nyari file yg dikira hilang

    ReplyDelete
  27. sumpah panik, ini membantu sekali, terimakasih

    ReplyDelete
  28. ada cara lainnya kah?, file saya ini di buka di windows 10 office 2007.
    jika file ini saya buka di windows 7 office 2007, file excelnya terbuka dg normal.

    ReplyDelete
  29. ternyata aktive workbooknya tertutup, jadi tampilan cell2x tidak terlihat.
    cara bukanya: Menu View - Arrange All - Centang Windows of active workbook - OK

    ReplyDelete
  30. TERIMAKASIHHHHHH YA MASSSSSSSSSS. FILE KERJAAN BISA DIBUKA LAGI. terimakasihhh sekali lgi hehehehe kebodohan sepele padahal, sudah panik luar biasa.

    ReplyDelete
  31. ALHAMDULILLAH TERIMAKASIH, ternyata caranya simple sekali.

    ReplyDelete
  32. Ya allah...sudah stress pagi2 file mau dikirim, eh...ternyata berkat info ini tertolong skali. Semoga berkah dan sukses terus. Makasih infonya

    ReplyDelete
  33. assallamuallaikum bang...mau bertanya perihal kejadian yg saya alami...pada saat buka 1 file excel dan yg kebuka malah 3 file sekaligus..dan keterangannya data1..data2 dan data 3..tiap buka file saya yg satu ini selalu begitu..mohon minta info dan penejelasannya bang....terimakasih.

    ReplyDelete
  34. pny saya ksus y sprt itu, sy mau ikuti lgkh ini tp unhide, hide y gx aktf,, gmn tu ya

    ReplyDelete
  35. Makasi banyak kak
    Huhu file penting banget dan deadline, udah panik mau nangis kalo mesti ngulang padahal kerjaan masih banyak

    ReplyDelete