Thursday, September 15, 2011

Mencari Data Tertentu Menggunakan Data List Validation

Dalam aplikasi Excel, mungkin Anda sudah tahu dan sering menggunakan fasilitas pencarian data yang biasa Anda akses dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+F, namun hasil pencarian tersebut hanya sekedar memindahkan penunjuk cell pada cell yang mengandung data yang dicari tersebut. Nah berdasar dari itu, tulisan saya kali ini akan berbagi tentang pencarian data menggunakan Data Validation dan sedikit sentuhan Conditional Formatting yang mana hasil dari pencarian tersebut ditampilkan lebih “terlihat”. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai contoh, saya menggunakan data seperti berikut : tabel data pencarian data validation
  2. Di bawah judul tabel tersebut, saya akan menambahkan Data Validation berbentuk dropdown list yang nantinya digunakan untuk pencarian data dari tabel dibawahnya. namun sebelumnya tambahkan tabel bantu untuk Data Validation yang berisi Nama Barang seperti berikut :

    tabel bantu nama barang

  3. Pada cell A3 isikan dengan “Cari Barang”, lalu tempatkan penunjuk cell di cell B3. Pada tab Data kategori Data Tools pilih Data Validation sehingga muncul kotak dialog Data Validation.
  4. Pada list box Allow di tab Setting bagian Validation Criteria, pilih List.
  5. Pada kotak isian Source isikan alamat tabel bantu yang telah dibuat tadi, yaitu H3:H11, Anda dapat mengisikan alamat tersebut dengan klik ikon disebelah kanan kotak isian Source, lalu sorot isi tabelnya dan klik kembali ikonnya. Alamat yang tertulis yaitu $H$3:$H$11 artinya itu merupakan alamat Absolut. Jika sudah Klik OK, sehingga kini cell B3 berbentuk dropdown list.

    kotak dialog data validation

  6. Pada tab Home kategori Sytle pilih Conditional Formatting > Manage Rules, sehingga muncul kotak dialog Conditional Formatting Rules Manager.

    kotak dialog conditional formatting ruler manager

  7. Klik New Rule, sehingga muncul kotak dialog New Formatting Rule, dan isikan seperti gambar berikut :

    kotak dialog new formatting Rule

  8. Arti dari format di atas adalah jika isi cell B3 sama dengan isi cell B6 maka cell B6 akan diberi fill warna orange. Jika sudah klik OK.
  9. Pada kotak dialog Conditional Formatting Rules Manager, kotak isian Applies to isikan alamat tabel dengan cara yang sama seperti sebelumnya, seperti gambar berikut :

    kotak dialog conditional formatting ruler manager applies to

  10. Klik Apply dan OK.
Sekarang kita coba buktikan, pilih salah satu nama barang pada cell B3, maka yang terjadi adalah pada Record yang isi yang sama dengan cell B3 akan ditandai dengan warna orange, seperti gambar berikut :
tampilan tabel data validation
Oke, Sekian tip untuk kali ini, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan Anda  Winking smile
Sebagai bahan pembelajaran, saya lampirkan file yang dicontohkan tadi dan dapat di download disini.

2 comments:

  1. kalau sekalian untuk mengetahui jumlah datanya bagaimana mbak... Thx

    ReplyDelete