Wednesday, May 18, 2011

Memodifikasi Beberapa Worksheet Secara Bersamaan


Dalam kegiatan sehari – hari kita sering bekerja dengan format worksheet yang sama dalam suatu workbook, misalnya saja Transaksi Harian atau Absensi Siswa. Namun ketika format tersebut harus dimodifikasi, begitu menjengkelkan dan membuang – buang waktu karena kita melakukan hal yang sama berkali – kali. Bayangkan saja jika worksheet yang harus kita modifikasi jumlahnya hingga belasan atau bahkan puluhan. Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit tips sederhana dengan hanya melakukan satu kali modifikasi saja. Langkah – langkah nya cukup mudah, yaitu :

  1. Pilih Sheet mana saja yang akan kita modifikasi, caranya dengan klik sheet tersebut sambil menekan tombol ctrl pada keyboard
    Jika seluruh sheet yang akan kita modifikasi, cukup klik kanan pada salah satu sheet lalu pilih Select all sheets
  2. Pada title bar akan muncul kata [Group] pada akhir nama Workbook. Ini menunjukkan seluruh atau beberapa sheet sedang dipilih 





  3. Setelah itu kita dapat melakukan modifikasi, seperti mengganti isi cell, shading, edit formula, insert atau delete baris dan kolom, dll.
    Tapi pada mode ini, fitur Conditional Formatting dan Format as Table dan seluruh fitur di tab Data dan Insert (kecuali Header&Footer) tidak dapat digunakan.
  4. Untuk mengakhiri mode ini, cukup klik di salah satu nama sheet dan pastikan kata [Group] telah hilang dari title bar.
     
Demikian tips & trik kali ini, mudah – mudahan bermanfaat J
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment